Dana BOS SMA di Kabupaten Garut Belum Cukup

Written By Unknown on Senin, 14 Juli 2014 | 12.14

GARUT, TRIBUN - Kecilnya dana BOS untuk para pelajar tingkat SMA membuat sekolah mematok biaya pendaftaran sekitar Rp 4 juta sampai Rp 6 juta untuk setiap calon peserta didik baru. Hal ini pun terutama dirasakan oleh SMK yang memiliki biaya tambahan untuk praktik.

Kepala SMKN 1 Garut, Dadang Johar Arifin, mengatakan setiap pelajar hanya mendapat bantuan dari pemerintah berupa Dana BOS sebesar Rp 1,3 juta per tahun. Padahal, katanya, kebutuhan biaya operasional sekolah pelajar per tahunnya mencapai Rp 5 juta.

"Akhirnya sekolah memungut biaya Rp 6 juta per siswa. Tapi karena kami lembaga negara yang menurut UUD 45 harus menangani warga kurang mampu, yang bayar Rp 500 ribu pun kami terima," kata Dadang saat ditemui di sela kegiatan MOPD, Senin (14/7).

Tuturnya, dari uang yang dipungut tersebut, sekitar Rp 4 juta di antaranya untuk biaya operasional yang akan digunakan sendiri oleh pelajarnya, di antaranya kebutuhan praktek. Sedangkan, sekolah hanya bisa mengelola sekitar Rp 2 juta sisanya.

Jurusan yang paling banyak memakan biaya, kata Dadang, adalah Jurusan Farmasi. Jurusan terbaru ini membutuhkan sediaan obat, peralatan, dan bahan kimia untuk praktek.

"Bantuan dari pemerintah itu, untuk membiayai 25 kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan kesiswaan di sekolah ini saja tidak mencukupi. Makanya, jika mau, pemerintah memberikan bantuan Rp 5 juta per siswa, baru bisa gratis dan keperluan operasional sekolah terpenuhi," katanya.

Sebelumnya, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan para peserta didik baru terpaksa harus mengeluarkan biaya masuk pada kisaran Rp 4 juta untuk bisa masuk ke SMA dan SMK. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan biaya operasional sekolah.

"Dana BOS untuk SMA ini kurang, makanya harus membantu sekolah. Tapi ada keringanan untuk siswa miskin. Mereka boleh masuk dulu, bayarnya belakangan atau diatur sesuai rapat komite sekolah," katanya. (sam)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dana BOS SMA di Kabupaten Garut Belum Cukup

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2014/07/dana-bos-sma-di-kabupaten-garut-belum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dana BOS SMA di Kabupaten Garut Belum Cukup

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dana BOS SMA di Kabupaten Garut Belum Cukup

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger