Peci Bangladesh Asal Cianjur Kebanjiran Pesanan

Written By Unknown on Senin, 15 Juli 2013 | 12.14

CIANJUR, TRIBUN - Peci Bangladesh. Itulah peci buatan masyarakat RT 6/RW 5 Kampung Gentur, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Peci Banglades merupakan peci khas dengan modelnya yang putih polos serta dihiasi motif batik melingkar yang dijahit di pinggiran peci.

Kampung Gentur memang dikenal sebagai penghasil peci sejak 1980. Puluhan masyarakat Kampung Gentur banyak yang menjadi perajin peci. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan santri yang sedang menimba ilmu di pesantren di Kampung Gentur dan peziarah dari luar wilayah. Namun geliat indsutri peci di Kampung Gentur mengalami pasang surut seiring berjalannya waktu.

"Usaha peci memang butuh kreatifitas tinggi. Karena model-model peci hanya bertahan tiga tahunan," kata seorang perajin peci di Kampung Gentur, Haji Abdullah (48) ketika ditemui Tribun, Senin (15/7).

Alasan itu lah yang memacu Abdullah untuk mencari model baru untuk meningkatkan penjualan peci. Tak sengaja, ia pun menemukan peci model baru. Peci itu mnenyerupai peci yang kini diproduksi perajin peci di Kampung Gentur.

Model itu didapatinya dari peci pemberian keluarganya yang pulang dari menunaikan ibadah haji. Mulai 2003, Peci Bangladesh diproduksi masyarakat Kampung Gentur untuk pertama kalinya. Bahkan mungkin pertama kali di Indonesia.

"Tertarik membuat peci tersebut saya langsung cari bahannya (motif. Red) di Jakarta di sekitar Tanah Abang. Kebetulan ada langsung saya beli dan dibuat," kata Abdullah.

Keberadaan Peci Bangladesh pun diminati konsumen sejak dua tahun dikenalkan kepada masyarakat. Model itu pun bertahan hingga 10 tahun lamanya. Bahkan pemesanan Peci Bangladesh terus meningkat dari tahun ke tahun terutama di bulan Ramadan ini. Dikatakan Abdullah, permintaan peci itu bisa mencapai ribuan kodi.

"Sekarang permintaan Peci Banglades ke berbagai daerah seperti Kalimantan, Sumatera dan di Jawa sendiri sudah tidak terkejar di bulan Ramadan ini. Para penampung ini siap menerima berkodi-kodi peci buatan masyarakat Kampung Gentur," kata Abdullah.  (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Peci Bangladesh Asal Cianjur Kebanjiran Pesanan

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/07/peci-bangladesh-asal-cianjur-kebanjiran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Peci Bangladesh Asal Cianjur Kebanjiran Pesanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Peci Bangladesh Asal Cianjur Kebanjiran Pesanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger