Ingat Waktu Kecil Suka Main Jeduman

Written By Unknown on Sabtu, 27 Juli 2013 | 12.14

Oleh Taufik Ismail

RAMADAN tahun ini, bagi pelatih fisik Persib Bandung Dino Sefriyanto, begitu bermakna. Karena di tahun ini ia bisa berpuasa dekat dengan keluarga. Sebelum bergabung kembali dengan Maung Bandung, Dino sempat merantau ke Padang. Di sana ia menjadi pelatih fisik Semen Padang.

"Dua tahun lalu saya di Padang, jauh dari keluarga. Sekarang di Bandung bisa sahur dan buka dengan anak dan istri. Lebih nikmat," ujar Dino kepada Tribun, beberapa hari lalu di Mes Persib.

Saat di Padang, kata Dino, ia pernah punya pengalaman tak terlupakan. Di awal Ramadan, ia tak munggah ke Bandung. Kemudian, kepala pembantu umum Semen Padang mengajaknya ke kampung halamannya.

"Saya diajak ke Kabupaten Pesisir. Lama perjalanannya dari Padang naik motor empat jam. Karena tahu jauh dari keluarga, saya diajak munggah," kenang Dino.

Beberapa hari Dino munggahan di Pesisir. "Pulangnya, kami bawa duren sekarung," tutur mantan atlet lari ini.

Meski ada darah Garut, Dino kecil dibesarkan orang tuanya di Lampung. Di sana, ia juga punya pengalaman menarik. "Waktu kecil, saya suka main jeduman (lodong jika di Jawa Barat). Abis tarawih dan sahur," ucap Dino.

Selain itu, ada juga permainan lain yang sering dimainkannya. Permainan ini menggunakan busi bekas yang di ujungnya dikaitkan tali rafia. Lalu di sela-sela busi dimasukkan pentul korek api. Busi itu lalu dilemparkan dan ketika menyentuh tanah akan terdengar ledakan kecil. "Kalau permainan ini waktu saya SMP," kata Dino.

Yang tak juga dilupakannya adalah ketika berbuka puasa. Di rumah neneknya di Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tenggamus, keluarganya berkumpul menjelang Idulfitri. "Saat buka puasa, ada makanan khas. Nenek suka membuat serabi manis. Lalu ada juga kolak tape ketan," katanya.

Dino mengatakan, tradisi ini masih terjaga. Hanya saja, yang membuat penganan bukan neneknya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ingat Waktu Kecil Suka Main Jeduman

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/07/ingat-waktu-kecil-suka-main-jeduman.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ingat Waktu Kecil Suka Main Jeduman

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ingat Waktu Kecil Suka Main Jeduman

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger