Pasukan TNI Ubrak Abrik Gunung Biru untuk Tekan Teroris

Written By Unknown on Selasa, 07 April 2015 | 12.14

JAKARTA, TRIBUN — Panglima TNI Jenderal Moeldoko tak mempersoalkan kritik yang menganggap TNI tengah unjuk kekuatan dengan melakukan latihan gabungan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di Poso, Sulawesi Tengah. Menurut dia, unjuk kekuatan TNI itu diperlukan untuk menekan kelompok teroris yang selama ini bersembunyi di Gunung Biru.

"Sudah kami sampaikan dalam permainan taktik itu, kan di Poso itu gunungnya bergelombang, kemungkinan teman-teman polisi masuk ke sana agak sulit. Untuk itu, diperlukan TNI untuk mengubrak-abrik situasi di sana," kata Moeldoko, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Moeldoko mengatakan, aktivitas yang dilakukan TNI di wilayah pegunungan itu akan memaksa kelompok teroris keluar dari persembunyiannya. Dengan demikian, aparat kepolisian akan lebih mudah menangkap anggota-anggota kelompok teroris tersebut.

"Ini taktik yang kami kembangkan. Kan enggak perlu kami declare ke masyarakat sebelum kami lakukan," kata dia.

Lagi pula, sebut Moeldoko, segala aktivitas TNI di Poso itu sudah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo. Menurut dia, TNI tidak akan bergerak tanpa adanya kontrol dari pemerintah.

Saat ini, sebanyak 700 personel TNI merupakan bagian dari 3.222 personel gabungan yang kini sedang berlatih di wilayah Poso pesisir hingga 15 April mendatang. Mereka adalah bagian dari Pasukan Pemukul Reaksi Cepat yang ditugaskan untuk memburu pelaku teroris kelompok Santoso yang diduga bersembunyi di Gunung Biru.

TNI bahkan sudah menembakkan 160 roket ke kawasan tersebut. Selain itu, ada sejumlah roket –M70 grad marinir kaliber 122 dengan jangkauan hingga 20 kilometer yang ditembakkan dari KRI Sultan Hasanuddin 3-6-6 yang bersandar di Teluk Poso.

TNI mensinyalir selama ini kelompok radikal nyaman bersembunyi di Poso. Ada kekhawatiran para simpatisan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) yang baru pulang dari Irak dan Suriah bergabung dengan kelompok ini. Oleh karena itu, TNI melakukan operasi besar-besaran di Poso. (kompas.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pasukan TNI Ubrak Abrik Gunung Biru untuk Tekan Teroris

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2015/04/pasukan-tni-ubrak-abrik-gunung-biru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pasukan TNI Ubrak Abrik Gunung Biru untuk Tekan Teroris

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pasukan TNI Ubrak Abrik Gunung Biru untuk Tekan Teroris

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger