Bupati Garut Janji Segera Bangun Jembatan di Atas Sungai Cikandang

Written By Unknown on Senin, 09 Februari 2015 | 12.14

GARUT, TRIBUN - Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan segera membangun jembatan gantung rawayan di atas Sungai Cikandang, tepatnya di Desa Tanjungmulya, Kecamatan Pakenjeng.

Bupati merasa sangat sedih dan khawatir mengetahui warga, khususnya para murid dan pelajar, yang menyeberang sungai berarus deras tersebut menggunakan rakit untuk mencapai sekolah, puskesmas, dan lokasi lainnya.

"Akan kami bangun jembatan itu. Kalau belum dianggarkan untuk dibangun tahun ini, kita pakai anggaran dari kas Dana Tidak Terduga," kata Bupati seusai memimpin apel di Lapangan Kantor Bupati Garut, Senin (9/2).

Bupati mengatakan kondisi geografis Garut yang berbukit dan memiliki banyak sungai mengharuskannya membangun banyak jalan dan jembatan. Terlebih, lokasi permukiman warga sangat terpencar di pelosok sehingga pemerintah pun harus membangun banyak akses ke permukiman.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan telah berkali-kali mengunjungi lokasi tersebut dan mengupayakan perbaikan jembatan. Namun, banjir bandang yang datang berkali-kali terus menghanyutkan jembatan tersebut.

"Dibutuhkan perencanaan yang matang, teknik khusus supaya jembatan itu kuat bertahan lama dan tidak terkena banjir bandang. Soalnya itu sudah dibangun, ambruk lagi," kata Helmi.

Selain diupayakan dibangun menggunakan Dana Tak Terduga, katanya, pembangunan jembatan pun diupayakan didanai CSR perusahaan. Yang jelas, pembangunannya harus berbeda dari sebelumnya supaya tidak kembali terkena banjir bandang, di antaranya meninggikan fondasi jembatannya.

Sebelumnya diberitakan, hampir 1.000 warga menyeberang Sungai Cikandang di Desa Tanjungmulya, Kecamatan Pakenjeng, untuk menjalani kegiatan sehari-harinya. Mereka menyeberang menggunakan rakit, termasuk ratusan murid dan pelajar.

Jembatan rawayan tersebut ambruk dua kali akibat banjir bandang pada 2014. Akibatnya, aktivitas pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, warga terhambat. (Sam)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bupati Garut Janji Segera Bangun Jembatan di Atas Sungai Cikandang

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2015/02/bupati-garut-janji-segera-bangun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bupati Garut Janji Segera Bangun Jembatan di Atas Sungai Cikandang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bupati Garut Janji Segera Bangun Jembatan di Atas Sungai Cikandang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger