Agar Tidak Bertambah Kesal, Ini Dia Tips Memilih Beras Sehat

Written By Unknown on Rabu, 25 Februari 2015 | 12.14

TRIBUNJABAR.CO.ID - Harga beras kini semakin meroket. Padahal, beras masih menjadi makanan pokok yang dikonsumsi sebagian masyarakat Indonesia. Otomatis, banyak ibu rumah tangga yang berkeluh kesah, bahkan menjerit di dalam hati, karena uang belanjanya tak lagi cukup.

Untuk sekadar menurunkan tingkat keluh kesah sekaligus tidak semakin keras menjerit karena beli beras mahal ternyata jelek kualitasnya, setidaknya kita mampu memilih beras yang berkualitas baik dan menyehatkan saat dikonsumsi.

Harga memang berharap tidak terlalu mahal. Untuk soal warna Anda jangan tergiur dengan beras warna putih, karena itu belum tentu sehat, bisa jadi beras itu dicampur pemutih. Untuk membuat beras terlihat kinclong, ada orang-orang tidak bertanggung jawab yang mencuci beras itu dengan klorin. Bahkan ada yang setelah mencampur beras klorin kemudian dicampur lagi dengan daun pandan agar wangi.

Seorang ahli seperti dilansir Kompas.com, dr Alyya Siddiqa, SpFK, dosen Farmakologi Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta, mengonsumsi klorin dapat menyebabkan kanker kandung kemih, hingga peningkatan prevalensi asma pada anak-anak. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan secara seksama dan teliti sebelum membeli.

Departemen Pertanian sudah melakukan penelitian dan standarisasi (standar nasional Indonesia) soal beras yang baik dikonsumsi masyarakat. Di bawah ini, delapan cara untuk mengenali beras yang baik dan sehat :

1. Beras bebas dari hama, campuran dedak dan bekatul.

2. Beras belum berumur terlalu lama. Ciri fisik beras yang sudah lama :
- Berbau agak apek, jika digiling tepung yang dihasilkan tidak terlalu kering, setelah dimasak nasi akan mudah basi serta rasanya kurang enak.
- Berkutu, tetapi ada juga kemungkinan beras yang baru akan berkutu karena tertular dari beras lain yang sudah lama.
- Banyak guratan-guratan berupa garis memanjang pada beras dengan tekstur yang cukup jelas. Selain guratan ini, pada beras yang cukup lama juga mulai terlihat penepungan berupa warna putih seperti serbuk yang menempel pada beras.


Anda sedang membaca artikel tentang

Agar Tidak Bertambah Kesal, Ini Dia Tips Memilih Beras Sehat

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2015/02/agar-tidak-bertambah-kesal-ini-dia-tips.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Agar Tidak Bertambah Kesal, Ini Dia Tips Memilih Beras Sehat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Agar Tidak Bertambah Kesal, Ini Dia Tips Memilih Beras Sehat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger