Biaya Operasional Distribusi Raskin Dihapus di Cianjur

Written By Unknown on Jumat, 23 Januari 2015 | 12.14

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

 

CIANJUR, TRIBUN - Anggaran biaya operasional pendistribusian beras miskin (raskin) dari titik distribusi, yakni desa ke rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Cianjur pada 2015 dihapus. Biaya operasional pendistribusian raskin ke RTS itu kini lebih dibebankan ke setiap wilayah penerima raskin.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur, Sudrajat Laksana, mengatakan, penghapusan itu disebabkan tidak efektifnya biaya operasional pendistribusian raskin dari desa ke RTS. Secara umum harga raskin di tingkat RTS tidak sesuai dengan yang telah ditentukan, yakni Rp 1600 per kilogram, walau biaya operasional telah disubsidi pemerintah Kabupaten Cianjur.

"Dibantu biaya operasional itu seharusnya tidak ada perubahan harga apapun alasannya. Tapi kenyataannya di lapangan memang sulit karena memang biaya operasionalnya tidak cukup. Di Agrabinta misalnya, biaya operasional dari titik distribusi ke RTS itu ada yang melebihi anggaran biaya operasional yang telah ditentukan," kata pria yang akrab disapa Ajat ketika ditemui di gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Jumat (23/1).

Diakui Ajat, biaya operasional raskin di Kabupaten Cianjur pada 2014 mencapai Rp 4,6 miliar. Anggaran itu dipergunakan untuk membiayai pengiriman raskin untuk sekitar 211 ribu kepala keluarga (KK). Sedangkan total raskin yang didistribusikan mencapai 38 ribu ton beras. Adapun jumlah RTS dan total raskin yang akan didistribusikan pada 2015 masih sama dengan 2014.

"Oleh karena itu kita mencoba agar pendistribusi raskin yang kebanyakan RT itu tidak salah, biaya pendistribusian menggunakan biaya secara swadaya atau mengambil dana dari desa mengingat dapat bantuan provinsi dan pemerintah kabupaten dalam bentuk lain. Itu imbauan saya," kata Ajat. (cis)


Anda sedang membaca artikel tentang

Biaya Operasional Distribusi Raskin Dihapus di Cianjur

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2015/01/biaya-operasional-distribusi-raskin.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Biaya Operasional Distribusi Raskin Dihapus di Cianjur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Biaya Operasional Distribusi Raskin Dihapus di Cianjur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger