Pemerintah Panggil Semua Kades Hitung Kerugian Longsor Banjarnegara

Written By Unknown on Rabu, 17 Desember 2014 | 12.14

BANJARNEGARA, TRIBUN - Pemerintah sedang menghitung seluruh kerugian terkait bencana longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara. Hitungan itu meliputi hitungan materiil maupun non-materiil.

Camat Karangkobar, Yusuf Arigar mengatakan pihaknya saat ini tengah menyiapkan data valid untuk menghitung jumlah kerugian. Langkah pertama yang dilakukannya adalah dengan memanggil seluruh kepala desa dan kepala dusun untuk saling menunjukkan data yang dipunyainya.

"Semuanya dihitung. Kami sedang kumpulkan para kades. Ini masih proses, semoga datanya valid soal hitung-hitungan ini," ujar Yusuf, Rabu (17/12/2014).

Setelah menghitung, pihaknya belum bisa memastikan berapa taksiran kerugian yang dialami di dusun Jemblung tersebut. Pihaknya hanya bisa mengusahakan untuk menghitung seluruh elemen baik dari berapa jumlah rumah, hewan ternak, barang-barang rumah tangga.

"Belum tahu berapa taksirannya. Nanti juga dihitung satu keluarga itu anaknya berapa, dia umurnya berapa, ke depannya bagaimana. Itu semua dihitung," paparnya.

Sementara itu, jumlah pengungsi yang tercatat di Kantor Kecamatan Karangkobar mencapai 2031 jiwa. Jumlah itu terbagi dalam 47 titik pengungsian, baik dalam gedung instansi pemerintah maupun yang mengungsi di rumah warga setempat.

Jumlah favorit terbesa yang menjadi tempat pengungsian di Balai Kecamatan sebanya 195 jiwa, Balai Desa Leksana 169 jiwa, TPQ 120 jiwa dan Balai Desa Arangkobar 128 jiwa. Sisa pengungsi lain tersebar ke titik-titik yang lain.

Kata Camat, mereka yang mengungsi adalah orang yang rumahnya rawan terkena longsor susulan. Untuk warga dusun Jemblung sebagian besar sudah hilang, tapi ada beberapa yang masih hidup namun belum diketahui posisinya dimana.

"Ada yang masih hidup tapi masih belum tertedeksi. Misalnya mereka belum selesai kerja di luar atau sebagainya. Tadi saja ada dua warga asli Jemblung yang datang kesini," cetus dia. (kompas.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Panggil Semua Kades Hitung Kerugian Longsor Banjarnegara

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2014/12/pemerintah-panggil-semua-kades-hitung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Panggil Semua Kades Hitung Kerugian Longsor Banjarnegara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Panggil Semua Kades Hitung Kerugian Longsor Banjarnegara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger