Autis Bisa Disembuhkan Jika Ditangani Sejak Dini

Written By Unknown on Sabtu, 13 September 2014 | 12.14

Autisme adalah salah satu penyakit yang menjadi momok orangtua karena sejauh ini hampir mustahil disembuhkan. Akan tetapi sejumlah peneliti berhasil menemukan sesuatu yang menggembirakan; autis ternyata dapat disembuhkan jika ditangani sejak dini.Autis tidak bisa dideteksi sebelum anak mencapai umur tiga tahun. Hal ini disebabkan karena gejala autisme sangat sulit dilihat pada bayi. Meski begitu bayi atau anak pengidap autisme memiliki kecenderungan yang bisa diketahui bila diperhatikan dengan seksama.

Penderita autis tidak banyak mengeluarkan suara dan tidak menggunakan suaranya untuk berkomunikasi. Mereka cenderung melakukan aktivitas yang diulang-ulang dan sering menatap tangan atau objek tertentu untuk waktu yang lama.

Jika orangtua mendapati anak mereka berperilaku seperti ini, ingat bahwa autis dapat disembuhkan jika ditangani sejak dini. Sally Rogers, professor dalam studi psikiatri dan perilaku, mengatakan bahwa orangtua harus mengintervensi gejala autisme bahkan sebalum sang anak didiagnosa mengalami penyakit tersebut.

Anak usia 7-15 bulan yang diduga mengidap autisme disarankan mengikuti terapi mingguan. Terapi ini melibatkan sejumlah kegiatan intens antara pemberi terapi dengan anak. Anak akan dibacakan puisi, disentuh, diminta memberi berbagai respon atas lagu atau rima, dan lain-lain. Inti dari terapi itu adalah membuat anak berinteraksi. Orangtua pun diminta melakukan hal yang sama diluar jam terapi.

Hasil dari terapi ini sungguh baik. Ternyata autis memang dapat disembuhkan jika ditangani sejak dini. Setelah menjalani terapi selama 18 – 36 bulan, anak-anak yang mengikuti terapi ini mengalami kemajuan mental.

Lima anak tak lagi menunjukkan gejala autisme, satu anak memiliki autisme ringan namun tanpa keterlambatan perkembangan mental, dan hanya satu yang tetap menunjukkan gejala autisme berat.

Meski hasil terapi percobaan pada tujuh anak ini tidak bisa dijadikan konklusi, para peneliti melihat secercah harapan yang menjanjikan. Oleh karenanya mereka menyarankan para orangtua untuk tanggap pada kondisi bayinya sejak lahir agar jangan sampai anak dengan gejala autisme dibiarkan begitu saja (CNN/intisari).


Anda sedang membaca artikel tentang

Autis Bisa Disembuhkan Jika Ditangani Sejak Dini

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2014/09/autis-bisa-disembuhkan-jika-ditangani.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Autis Bisa Disembuhkan Jika Ditangani Sejak Dini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Autis Bisa Disembuhkan Jika Ditangani Sejak Dini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger