Masih Ada Calon Haji Melahirkan di Saudi Arabia

Written By Unknown on Senin, 14 Juli 2014 | 12.14

JAKARTA,TRIBUN - Pemerintah Republik Indonesia akan memberangkatkan kloter pertama jamaah calon haji (calhaj) Indonesia 1435 Hijriyah tanggal 1 September 2014. Statistik menunjukkan, mayoritas calhaj merupakan pasien risiko tinggi yang perlu mendapatkan penanganan maksimal sebelum berangkat ke tanah suci.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan RI, DR dr Fidiansyah, Sp.KJ, MPH, mendorong agar calhaj, terutama yang berisiko tinggi, untuk memaksimalkan pengobatan di tanah air sebelum berangkat.

"Untuk diketahui, 60 persen calhaj kita itu jamaah risiko tinggi. Umumnya hipertensi, diabetes, dan penyakit metabolik," katanya. Sedangkan perawatan di tanah suci semestinya hanya dalam kondisi emergency.

Sebenarnya permasalahan risiko tinggi bisa diantisipasi dengan pengobatan maksimal sebelum berangkat. "Seperti membawa obat untuk kebutuhan 40 hari di tanah suci," katanya dalam kegiatan pembekalan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) non kloter, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Pada sisi lain, calhaj juga harus jujur atas kondisinya. Pemeriksaan kesehatan juga harus maksimal. "Pada pelaksanaan sebelumnya, ada calhaj yang melahirkan di Arab Saudi dan calhaj positif TB," katanya.

Akibatnya, calhaj yang melahirkan tidak bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji (nifas, red). Sedangkan calhaj positif TB, setibanya di Jeddah, langsung dikarantina, dan baru kembali ke Indonesia April 2014, sehingga tidak sempat masuk ke Makkah dan Madinah.

Pada sisi lain, Fidiansyah juga mendorong agar selanjutnya ada sinergi antara Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji dengan BPJS. "Dana yang mereka investasikan Rp 30 juta lebih. Seharusnya ada sinergi, sehingga bisa mendapatkan layanan BPJS yang maksimal sebelum mereka berangkat ke tanah suci," katanya. (Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Kholish Chered)


Anda sedang membaca artikel tentang

Masih Ada Calon Haji Melahirkan di Saudi Arabia

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2014/07/masih-ada-calon-haji-melahirkan-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Masih Ada Calon Haji Melahirkan di Saudi Arabia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Masih Ada Calon Haji Melahirkan di Saudi Arabia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger