Inilah Cara Murah Membersihkan Peralatan Dapur

Written By Unknown on Minggu, 30 Maret 2014 | 12.14

Sekali mendayung, dua tingga pulau terlampaui. Bahan untuk memasak juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur. Membersihkan peralatan dapur dengan menggosok keras-keras bukan solusi yang baik. Pasalnya, gosokan yang keras hanya malah membuat peralatan dapur cepat rusak. Daripada menghabiskan tenaga dengan cara yang demikian, lebih baik ikuti beberapa cara membersihkan peralatan dapur menggunakan bahan-bahan memasak dari dapur di rumah.

Cuka

Cuka dapat digunakan untuk membersihkan noda kopi dan teh yang menempel di cangkir. Caranya, lumuri cangkir dengan dua sendok makan cuka, diamkan selama 15 menit, dan bersihkan dengan kain bersih. Selain itu, cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan talenan kayu dari bakteri yang menyebabkan talenan kayu bau dan berjamur. Caranya, lumuri talenan kayu dengan cuka, diamkan selama 15 menit, kemudian cuci hingga bersih dan jemur sampai kering.

Baking soda

Dapat digunakan untuk membersihkan wadah plastik. Rendam wadah plastik dengan campuran empat sendok makan baking soda dan satu cangkir air, lalu diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih dan segera keringkan agar tidak meninggalkan noda. Baking soda juga dapat membersihkan wastafel, yang terbuat dari material stainless steel. Caranya, basahi kain dengan larutan baking soda, lalu gosokkan ke permukaan wastafel, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lap yang kering.

Teh

Peralatan dapur yang berkarat bisa dibersihkan dengan larutan air teh. Caranya, seduh teh hitam hingga pekat, lalu rendam peralatan dapur yang berkarat di dalamnya selama beberapa jam. Selanjutnya, luruhkan kerak dengan menggunakan kain bersih hingga karat hilang.

Cream of tartar

Peralatan dapur berbahan aluminium yang sudah lama digunakan biasanya akan menghitam atau muncul karat. Bersihkan dengan satu liter air yang sudah dicampur dengan dua sendok makan cream of tartan. Rebus air campuran ini selama satu menit bersama alat dapur berbahan alumunium. Lalu, angkat dan bersihkan dengan sponge hingga bersih.

Lemon

Kulit lemon digunakan untuk membersihkan talenan. Caranya, potong kulit lemon, taburi talenan dengan garam, lalu gosok talenan yang akan dibersihkan dengan kulit lemon. Diamkan talenan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Air perasan lemon juga dapat digunakan untuk membersihkan oven atau microwave. Caranya, membuat campuran satu sendok teh baking soda, dua sendok teh air lemon, seperempat sendok teh cairan pencuci piring, dan dua cangkir air panas. Supaya lebih mudah, tuangkan campuran tersebut ke botol penyemprot. Lalu, semprotkan ke oven atau microwave yang terkena noda dan gosokkan dengan sikat gigi bekas lalu keringkan dengan kain kering.

Menjaga peralatan dapur agar senantiasa dalam kondisi prima

Agar lebih tahan lama dan tetap bersih saat akan digunakan, ikuti tips berikut:

Peratalan dapur berbahan plastik akan mudah berbau dan terkena noda bercak air. Hal ini dapat dihindari dengan mencuci alat dapur berbahan plastik menggunakan sabun pencuci piring cair. Nah, segera setelah dicuci, alat dapur sebaiknya dikeringkan dengan kain kering dan bersih, untuk menghindari bercak putih yang disebabkan bekas bercak air yang mengering.

Peralatan antilengket akan tahan lama jika tidak dicuci dalam kondisi panas agar lapisan antilengketnya tidak terkelupas. Setelah digunakan, tunggu hingga panci antilengket dingin. Setelah itu, bersihkan dan dan langsung keringkan untuk menjaga kualitas lapisan antilengket.

Talenan adalah salah satu alat dapur yang sering digunakan. Maka, jangan gunakan talenan untuk semua bahan masakan secara bersamaan. Pisahkanlah talenan untuk daging dan buah. Hal ini bisa mengantisipasi kontaminasi bakteri. Tentu saja, langsung bersihkan talenan setelah digunakan agar talenan tidak berjamur. (Tabloid Nova)


Anda sedang membaca artikel tentang

Inilah Cara Murah Membersihkan Peralatan Dapur

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2014/03/inilah-cara-murah-membersihkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inilah Cara Murah Membersihkan Peralatan Dapur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inilah Cara Murah Membersihkan Peralatan Dapur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger