Ayam Sentul, Unggas Andalan Ciamis

Written By Unknown on Minggu, 15 Desember 2013 | 12.14

Ayam Sentul, Unggas Andalan Ciamis

tribun jabar/andri m dhani

Dalam kunjungan kerjanya ke Ciamis, meresmikan Pusat Pelatihan Unggas Lokal di Jl Lingkar Selatan Ciamis, Kamis 31 Januari 2013 silam, mantan Wagub Jabar, Dede Yusuf, dihadiahi ayam sentul – ayam lokal galur (vairetas) murni Ciamis. Sebagai tokoh yang berasal dari Ciamis, Dede Yusuf pun didaulat jadi Duta Ayam Sentul. 

IKUT menjaga kelestarian hewan ternak asli daerah dilakukan oleh puluhan kelompok ternak pemelihara ayam buras (ayam kampung). Hal tersebut dilakukan di Kabupaten Ciamis.

Selain melestarikan keberadaan hewan lokal, tujuan lain dari adanya kelompok peternak ini adalah untuk memenuhi pasokan kebutuhan daging dan telur ayam kampung.

Ayam Sentul. Begitu sebutan untuk unggas khas Ciamis ini.

Sebanyak 60 kelompok ternak pemelihara ayam buras di Kabupaten Ciamis akan mengikuti kontes ayam sentul (ayam lokal khas Ciamis) unggul. Kontes ayam sentul unggul ini akan berlangsung di arena Pesta Patok (pesta tahunan para peternak) tingkat Ciamis di Pasar Ternak Terpadu Komplek Pajagalan Cigembor Ciamis pada hari Selasa-Rabu (17-18/12) nanti.

"Ada dua jenis yang dilombakan pada kontes ayam sentul unggul tersebut. Yakni kategori ayam betina bibit unggul dan kategori ayam jantan penjantan unggul," ujar Ketua Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Cabang Ciamis, Nur Muttaqien SHi.

Kategori ayam sentul unggul kata Nu Muttaqien sesuai dengan sertifikasi ayam sentul yang sudah ditetapkan dengan SK Menteri Pertanian. "Ayam sentul merupakan ayam lokal khas Ciamis. Ada lima jenis ayam sentul yang saat ini masih ditemukan, mulai dari ayam sentul geni, batu, emas, kebalu dan debu," ujarnya.

Kontes ayam sentul unggul ini merupakan kontes pertama yang dilaksanakan setelah keberadaan ayam sentul diakui secara nasional sebagai ayam lokal khas Ciamis yang ditetap dengan SK Menteri Pertanian tahun 2013. "Diharapkan kontes ini menjadi agenda tahunan Himpuli dalam rangka melestarikan dan mengembangkan ayam sentul unggul," kata Nur Muttaqien.

Dan kontes ayam sentul unggul ini menurut Nur Muttaqien akan diikuti 60 kelompok peternak pemelihara ayam sentul se-Ciamis.

Sementara Pesta Patok, tradisi tahunan para peternak tingkat Ciamis yang akan berlangsung di Pasar Ternak Terpadu di Pajagalan Cigembor Ciamis, Selasa - Rabu (17-18/12) juga dimeriahkan dengan kontes sapi, domba dan kambing unggul serta peluncuran program makan nugget dan minum susu sehat. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ayam Sentul, Unggas Andalan Ciamis

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/12/ayam-sentul-unggas-andalan-ciamis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ayam Sentul, Unggas Andalan Ciamis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ayam Sentul, Unggas Andalan Ciamis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger