Di Bawah Pohon Jambu, Mereka Nyaman Membaca

Written By Unknown on Sabtu, 26 Oktober 2013 | 12.14

Oleh M Syarif Abdussalam

ANGIN sejuk yang datang dari arah perbukitan utara Kabupaten Garut membelai rambut anak-anak yang duduk di atas rumput. Di bawah naungan pohon jambu air yang sedang berbuah, mereka membaca buku-buku cerita. Mereka berlindung dari terpaan cahaya matahari sore yang lumayan terik.

Sesekali bunga jambu air atau bahkan buahnya berguguran ke hadapan anak-anak. Kala itu terjadi, mereka tertawa sejenak, sebelum melanjutkan membaca. Terkadang mereka membaca buku-bukunya dengan suara cukup keras. Membuat keriuhan kecil di bawah pohon tersebut.

Saat semuanya larut dan serius membaca buku, mereka terlihat nyaman. Jauh dari kebisingan kendaraan bermotor, hanya diiringi suara gemericik air dari kincir air yang terus berputar di pinggir kolam ikan. Kolam itu berada tidak jauh dari tempat anak-anak membaca.

Syifa Safira, murid kelas 3 di SDN Rancasalak, telah selesai membaca bukunya. Dengan bertelanjang kaki, Syifa berjalan di atas rumput sambil menenteng buku menuju sebuah bangunan mungil.

Dinding bangunan ini terdiri atas susunan batu bata dan tempelan potongan kayu serta ranting. Beratapkan daun kelapa. Terdapat papan nama bertuliskan "Kopi Kids Library" yang tergantung di dinding depannya. Di dalamnya, terdapat rak berisi sekitar 600 buku berbahasa Indonesia dan Inggris.

Syifa menaruh buku cerita tentang kura-kura yang telah dibacanya, kemudian mengambil majalah National Geographic yang berbahasa Inggris. Syifa hanya melihat halaman-halamannya sekilas. Sesekali tertarik dengan gambar ikan dan penguin di majalah tersebut.

"Aku belum bisa baca yang bahasa Inggris. Paling suka lihat gambar-gambarnya saja. Sekarang masih belajar mengejanya dulu," kata anak berambut sebahu ini saat ditemui di Kopi Kids Library di Kampung Lekor, Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jumat (25/10).

Syifa pun kembali duduk di bawah pohon jambu air. Kini dia mendengarkan pengajaran pembacaan alfabet dalam bahasa Inggris. Dini Melawati (26) dan Rismawati (40), para pengasuh Kopi Kids Library, mengajari anak-anak itu mengeja kata-kata dalam bahasa Inggris.

"Kalau di sekolah, mereka kaku dalam membaca. Kalau di tempat terbuka dan nyaman seperti ini, mereka sangat semangat belajar. Berisiknya berisik belajar, bukan berisik main," kata Dini.

Kegiatan tersebut digelar setiap Selasa, Rabu, dan Jumat, pukul 13.30-15.30. Belasan anak ini mendapat pengajaran membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara gratis. Mereka pun bebas membaca koleksi buku di perpustakaan tersebut.

Perpustakaan mungil ini terdapat di area pengolahan dan gudang kopi Classic Bean. Sekretaris Koperasi Classic Bean, Hamzah Robert, mengatakan perpustakaan tersebut didirikan atas sumbangan para donatur. Sejumlah pengusaha kafe menyumbangkan buku-buku untuk perpustakaan.

"Kami optimistis tempat ini berkembang. Kegiatan ini baru berlangsung dua minggu. Tapi, sudah banyak yang mendonasikan buku-buku untuk perpustakaan ini. Kami harap jumlah anak yang belajar pun bertambah," kata Hamzah.

Pengalaman Hamzah dalam melakukan perdagangan kopi ke luar negeri membuatnya sadar mengenai pentingnya bahasa Inggris. Hamzah berharap anak-anak yang dibimbing di Kopi Kids Library dapat berbahasa Inggris dengan lancar saat hendak melanjutkan pendidikan ke SMP. Kebanyakan anak- anak yang belajar di sini adalah anak-anak para petani kopi.

Hari mulai sore. Dari bawah pohon jambu itu, cahaya matahari berwarna kekuningan terlihat menyorot  lekukan lereng Gunung Mandalawangi dengan jelas. Anak-anak digiring untuk naik mobil bak terbuka. Dengan pengawalan para pembimbingnya, mereka pun diantar ke rumah masing-masing. Perpustakaan pun kembali hening, menanti kunjungan anak-anak pada pertemuan selanjutnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Di Bawah Pohon Jambu, Mereka Nyaman Membaca

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/10/di-bawah-pohon-jambu-mereka-nyaman.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Di Bawah Pohon Jambu, Mereka Nyaman Membaca

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Di Bawah Pohon Jambu, Mereka Nyaman Membaca

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger