Buruh Rotan Rumahan Capai 70 Persen

Written By Unknown on Selasa, 29 Oktober 2013 | 12.14

CIREBON, TRIBUN - Ketua Masyarakat Rotan Indonesia, Badruddin Hambali mengatakan, jumlah buruh rotan pada pengesup (industri rumahan) lebih besar daripada buruh rotan skala industri. Angkanya mencapai 70 persen, dari total tenaga kerja bidang rotan di Kabupaten Cirebon.

Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Cirebon, Sumartja menyebutkan, jumlah tenaga kerja rotan di Kabupaten Cirebon mencapai 180.000. Angka itu mengalami penurunan dibandingkan masa keemasan kerajinan berbahan baku rotan di Kabupaten Cirebon.

"Ketika masa keemasan jumlah tenaga kerjanya menembus 360.000 orang. Itu tenaga kerja langsung ya, belum termasuk pengangkut barang dan lain-lain," katanya, dalam kunjungan Komisi IX DPR RI ke sentra kerajinan rotan Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Senin (28/10) sore.

Menurut Sumartja, kerajinan rotan merupakan industri padat karya. Karena itu banyak menyerap tenaga kerja. Rata-rata tenaga kerja merupakan warga setempat yang memang punya kemauan membuat kerajinan dari rotan. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Buruh Rotan Rumahan Capai 70 Persen

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/10/buruh-rotan-rumahan-capai-70-persen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Buruh Rotan Rumahan Capai 70 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Buruh Rotan Rumahan Capai 70 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger