Pengguna Internet Indonesia Capai 61 juta orang

Written By Unknown on Jumat, 20 September 2013 | 12.14

BANDUNG, TRIBUN - Angka pengguna internet yang cukup tinggi tersebut dengan sendirinya akan menuntut ketersediaan akses internet yang lebih mudah. Dari hasil MarkPlus Insight Netizen Survey 2012, terkuak angka terbaru pengguna Internet Indonesia saat ini yang berjumlah 61 juta orang, atau meningkat 6 juta dari tahun sebelumnya yang ada pada angka 55 juta.

Manager Communication Telkom Jawa Barat, Asep Tatang mengatakan,  penetrasi pengguna Internet terhadap seluruh populasi Indonesia kini masih berada di angka 23.5%, hanya sedikit meningkat dari tahun 2011 yang ada di angka 22.4%. Sekadar catatan, penetrasi pengguna Internet pada tahun 2010 lalu adalah sebesar 17% (42 juta orang).

Survey tersebut juga mengungkapkan di tahun 2012, jumlah netizen yang aktif menggunakan internet rata-rata lebih dari 3 jam per hari berjumlah 24.2 juta atau sekitar 40% dari total pengguna internet di tanah air.

"Karena Gadget merupakan barang yang tak bisa terpisahkan bagi para netizen," katanya dalam rilis yang diterima Tribun, Jumat (20/9).

Menurut riset MarkPlus Insight ini, ujarnya,  sekitar 58 juta pengguna Internet di Indonesia mengakses Internet lewat alat bergerak seperti smartphone, personal notebook, netbook, dan tablet PC. Bagi sebagian orang kebutuhan internet tidak hanya untuk kepentingan bisnis saja namun juga untuk eksistensi di media sosial. Ini ditandai dengan tingginya pengguna situs-situs jejaring sosial, khususnya Facebook dan Twitter. Para penggiat jejaring sosial tersebut memiliki kesamaan, yaitu haus akan akses internet khususnya WiFi.

"Melihat kebutuhan masyarakat akan jaringan WiFi inilah yang membuat Telkom meluncurkan program "Indonesia Wi Fi" pada Agustus 2011. Indonesia WiFi ini merupakan inisiatif Telkom untuk menyediakan platform layanan broadband berbasis infrastruktur Wi Fi Indonesia," katanya.

Indonesia WiFi merupakan pelengkap mobile broadband yang selama ini digunakan publik, sekaligus merupakan bagian dari program lastmile Telkom dalam menyediakan akses publik yang didukung oleh jaringan tulang punggung utama dalam masterplan ID Ring dan True Broadband Access.

Indonesia WiFi merupakan pengembangan sistem wireline (telepon kabel) yang masih memiliki potensi pasar besar. Sistem wireline inilah yang dikembangkan menjadi jaringan WiFi skala luas, seperti jaringan WiFi di Amerika Serikat.  (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengguna Internet Indonesia Capai 61 juta orang

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/09/pengguna-internet-indonesia-capai-61.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengguna Internet Indonesia Capai 61 juta orang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengguna Internet Indonesia Capai 61 juta orang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger