Gempa Terjadi di Dua Lokasi Pesisir Selatan

Written By Unknown on Jumat, 09 Agustus 2013 | 12.14

JAKARTA, TRIBUN - Gempa bumi berkuatan 5,5 SR terjadi pada koordinat 8.89 LS,110.87 BT (93 km barat daya Pacitan, Jawa Timur (Jatim); 105 km tenggara Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY); 108 km Barat daya Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng); 143 km tenggara Yogyakarta, DIY), Kamis (8/8).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 17:45:59 wib.

"Tidak berpotensi tsunami dan Posko BNPB telah mengkonfirmasi ke beberapa BPBD terkait gempa tersebut. Gempa dirasakan cukup keras selama lima detik di Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, dan Gunung Kidul. Selain itu juga gempa dirasakan sedang di Yogyakarta, Solo dan Boyolali," kata Sutopo melalui pesan blacberrynya beberapa saat lalu.

Adapun pusat gempa berada di Samudera Hindia di kedalaman 10 km bagian sisi dalam lempeng Eurasia dari subduksi atau pertemuan lempeng tektonik Hindia Australia dan Eurasia.

"Masyarakat merespon keluar rumah dengan tenang. Aktivitas masyarakat tetap normal. Belum ada laporan kerusakan rumah dan bangunan. Masyarakat diimbau tetap tenang," kata Sutopo.

Lebih lanjut, ujar Sutopo, gempa lainnya dengan kekuatan 4.7 SR juga terjadi di Sumba Timur sekitar pukul 16:09:29 Wib. Pusat gempa berada di Darat 41 km Tenggara Sumba Timur. Namun Hingga saat ini BPBD masih melakukan pendataan.

"Masyarakat dihimbau selalu waspada terkait ancaman gempa. BMKG dan BNPB selalu menginformasi kejadian gempa kepada masyarakat. Posko BNPB selalu bekerja 24 jam 7 hari seminggu memantau bencana meski dalam suasana lebaran pun. Selamat berlebaran dan mohon maaf lahir batin," kata Sutopo. (cis)


Anda sedang membaca artikel tentang

Gempa Terjadi di Dua Lokasi Pesisir Selatan

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/08/gempa-terjadi-di-dua-lokasi-pesisir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gempa Terjadi di Dua Lokasi Pesisir Selatan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gempa Terjadi di Dua Lokasi Pesisir Selatan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger