Pengamat: Tugas KPU Teliti Jumlah Pemilih Menurun

Written By Unknown on Minggu, 30 Juni 2013 | 12.14

BANDUNG, TRIBUN - Hasil rekapitulasi perolehan suara untuk Pilwalkot Kota Bandung Jumat lalu menunjukkan kemenangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial dengan perolehan 434.130 suara, meninggalkan jauh para pasangan calon lainnya dengan selisih cukup banyak. Jumlah lain yang menyaingi, yakni 656.297 hak suara tak terpakai, jika menghitung dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 1.658.808 orang. Banyaknya hak suara yang tak digunakan, menurut pengamat politik juga pakar hukum Asep Warlan, memang menjadi kecenderungan nasional, tak hanya terjadi di Pilwalkot Bandung.

"Pada 2008-2009, pemilih yang menggunakan hak pilihnya sekitar 64% untuk pemilu dan pemilukada. Sekarang kecenderungannya di bawah 60 persen. Tahun 2009-2010 juga menurun, menjadi 55% secara nasional," ujar Asep. Ia mengatakan, banyak faktor yang mempengaruhi warga dalam menggunakan hak pilih. Tidak menggunakan hak pilih, bukan berarti tidak sadar politik. Tingginya jumlah hak pilih yang tak digunakan ketimbang jumlah perolehan suara Ridwan-Oded pun sulit untuk dibandingkan.

"Agak susah dibandingkan antara golput dan kemenangan Ridwan-Oded. Golput ada ragamnya. Pertama, tidak berkenan dengan sosok yang tersedia. Kedua alasan teknis, sedang bepergian, tidak masuk DPT dan sebagainya. Kalau dibilang Ridwan-Oded kalah dengan itu, tidak. Tapi kalau orang yang tidak menggunakan hak pilihnya karena rasionalitas, karena dia tidak mau memilih atau tak berkenan, itu pasti ada pengaruhnya," kata Asep.

Asep mengatakan, menjadi tugas bagi KPU, partai politik, pemerintah dan akademisi untuk mengevaluasi mengapa tingkat partisipasi politik menurun. "Harus ada penelitian yang akurat, objektif dan rasional. Ini penting kaitannya dengan proses demokrasi dan legitimasi dari yang terpilih," katanya. (bb)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengamat: Tugas KPU Teliti Jumlah Pemilih Menurun

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/06/pengamat-tugas-kpu-teliti-jumlah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengamat: Tugas KPU Teliti Jumlah Pemilih Menurun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengamat: Tugas KPU Teliti Jumlah Pemilih Menurun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger