Banjir Bandang di Ciamis Rusak 4 Rumah

Written By Unknown on Sabtu, 20 April 2013 | 12.14

Sabtu, 20 April 2013 11:17 WIB

CIAMIS, TRIBUN - Empat rumah rusak berat dan sekitar 10 hektar sawah terendam banjir bandang di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jumat (19/4/2013) petang. Bencana banjir disebabkan sebuah tanggul sungai di kaki Gunung Sawal, Ciamis, jebol saat diguyur hujan deras sore tadi.

Kepala Polisi Sektor Cihaurbeuti, Ciamis, AKP Dies Hartono, mengatakan, kejadian banjir bandang ini terjadi sekitar pukul 18.00 petang tadi. Derasnya volume air di sebuah sungai kaki Gunung Sawal membuat bagian tanggul sungai tak kuat menahan tekanan air. Sungai jebol itu berada di dataran tinggi yang di bawahnya merupakan permukiman warga dan areal pesawahan.

Air bervolume besar pun menerjang kawasan tersebut. Warga yang rumahnya rusak diterjang banjir berhasil menyelamatkan diri meski sejumlah orang terseret banjir sampai beberapa ratus meter.

"Tercatat empat rumah rusak berat yang berada di pinggir persawahan. Namun, hampir sekitar 10 hektar sawah terendam banjir. Sampai saat ini belum ditemukan korban jiwa, meski sempat ada beberapa warga yang terseret banjir," terang Dies saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (19/4/2013) malam.

Dies menambahkan, sampai malam ini banjir sudah mulai surut. Kini, puluhan warga yang rumahnya dekat persawahan terpaksa harus mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Apalagi warga setempat masih khawatir akan terjadi banjir susulan karena cuaca masih berpotensi turun hujan.

"Kami saat ini sedang melakukan evakuasi warga di lokasi kejadian. Beruntung genangan air banjir sudah surut. Soalnya, kondisi permukiman dan persawahan berada di sekitar kaki gunung," tambah Dies.

Saat ini, di lokasi kejadian tengah dilakukan evakuasi warga pasca-banjir bandang oleh BPBD Ciamis, anggota TNI, dan Polri, dibantu warga sekitar. Sesuai hasil pendataan tim evakuasi, sampai saat ini tidak ditemukan korban jiwa dalam kejadian ini. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Banjir Bandang di Ciamis Rusak 4 Rumah

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/04/banjir-bandang-di-ciamis-rusak-4-rumah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banjir Bandang di Ciamis Rusak 4 Rumah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banjir Bandang di Ciamis Rusak 4 Rumah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger