Belum Ada Penetapan KLB Difteri

Written By Unknown on Selasa, 26 Maret 2013 | 12.14

Selasa, 26 Maret 2013 11:38 WIB

CIANJUR, TRIBUN - Berdasarkan Permenkes RI No 1501 tahun 2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangannya menyebutkan difteri merupakan penyakit yang harus ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) jika terjadi penyebaran.

Namun demikian hingga berita ini ditulis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur belum menetapkan status KLB di Kabupaten Cianjur. Bahkan Dinkes Kabupaten Cianjur pun belum menengok pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur yang diduga terkena penyakit Difteri.

"Sampai sekarang belum ada. Tapi kalau laporan sudah ada karena sistem pelaporan bersifat 24 jam," kata petugas RSUD Cianjur yang tak mau disebutkan namanya kepada Tribun, Selasa (26/3).

Seperti diketahui seorang bocah yang masih duduk di tingkat sekolah dasar  diduga terkena penyakit langka berbahaya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Selasa (26/3).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun, bocah tersebut diketahui berinisial NF (9), murid kelas tiga SD di Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. Ia kini dirawat di ruang Arumanis RSUD Cianjur.

"Anak saya postifi kena Difteri. Dia juga sudah lima hari diisolasi di RSUD Cianjur," kata Herman (48), orang tua NF ketika dihubungi melalui ponselnya, Selasa (26/3)

Berdasarkan laman wikipedia, Difteri adalah penyakit akibat terjangkit bakteri yang bersumber dari Corynebacterium diphtheriae. Difteri ialah penyakit yang mengerikan dimana pada masa lalu telah menyebabkan ribuan kematian, dan masih mewabah di daerah-daerah dunia yang belum berkembang.

Orang yang selamat dari penyakit ini menderita kelumpuhan otot-otot tertentu dan kerusakan permanen pada jantung dan ginjal. Anak-anak yang berumur satu sampai sepuluh tahun sangat peka terhadap penyakit ini.

Gejala yang muncul ialah sakit tenggorokan, demam, sulit bernapas dan menelan, mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, dan sangat lemah. Kelenjar getah bening di leher membesar dan terasa sakit. Lapisan (membran) tebal terbentuk menutupi belakang kerongkongan atau jika dibuangkan menutup saluran pernapasan dan menyebabkan kekurangan oksigen dalam darah. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Belum Ada Penetapan KLB Difteri

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/03/belum-ada-penetapan-klb-difteri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Belum Ada Penetapan KLB Difteri

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Belum Ada Penetapan KLB Difteri

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger