Serunya Belajar Bikin Sushi

Written By Unknown on Sabtu, 16 Februari 2013 | 12.14

Sabtu, 16 Februari 2013 11:45 WIB

Oleh Ida Romlah

MAKANAN

Jepang bernama sushi ini sangat populer di Indonesia, seiring dengan bertebarannya restoran masakan Jepang di Tanah Air. Bagaimana jika membuat sushi sendiri di rumah? Jawabannya sangat bisa. Sebab, membuat sushi tergolong mudah. Bahkan belakangan banyak tempat yang membuka kelas memasak (cooking class) membuat sushi.

Adalah Eppy Winaningsih, satu di antara orang yang membuka kelas memasak membuat sushi. Perempuan berusia 39 tahun ini membuka kelas memasak sushi sejak dua bulan lalu. Kelas memasak dia buka di rumahnya, Jalan Cibatu Raya No 27, Antapani, Bandung.

Ketika Tribun berkunjung ke rumahnya, Rabu (13/2) pagi, terlihat sejumlah ibu mengikuti kelas memasak membuat sushi. Ibu-ibu itu terlihat bersemangat karena ingin bisa bagaimana membuat makanan yang terdiri dari nasi Jepang yang dibentuk bersama lauk dan sayur.

"Ratakan dulu nasinya, Bu," ujar Eppy memberikan instruksi kepada para ibu agar nasi Jepang diratakan di atas nori atau lembaran pembungkus sushi yang terbuat dari rumput laut. Namun karena sebagian besar ibu itu awam, malah nasi bukannya diratakan melainkan dibentuk bulat padat layaknya nasi timbel yang akan dibungkus daun pisang.

Melihat tingkah para ibu, Eppy kemudian memberikan contoh bagaimana meratakan nasi di atas nori. Setelah nasi rata, Eppy menaruh beragam lauk seperti kepiting cincang, daging asap, dan telur dadar. Tidak ketinggalan, sayur berupa mentimun Jepang yang telah dipotong pun ditaruh bersama lauk. "Agar enak, bisa juga ditambahkan tepung roti yang telah digoreng," kata Eppy.

Para ibu peserta kelas memasak pun mengikuti apa yang dilakukan Eppy. Mereka juga menggulung nasi jepang berisi beragam lauk dan sayur bersama dengan nori. Alhasil, sushi berbentuk gulungan panjang pun tercipta. Setelah itu, para ibu memotong gulungan sushi menjadi delapan potong.

"Kalau sudah selesai, mari kita hias sushi-nya," ajak Eppy. Sushi pun ditaruh di atas piring. Lalu diberi saus mayones dan telur ikan. Sushi pun siap dihidangkan lengkap dengan garnies yang cantik.

Eppy menuturkan, sebenarnya sangat mudah membuat sushi. Setiap ibu pun bisa membuat sushi di rumah untuk anak dan suami tercinta. Sushi yang dibuat pun bisa dibikin dengan kreasi yang beragam menurut keinginan si ibu. "Saya biasanya bikin yang cantik biar anak-anak tak bosan, dan tiap hari kreasinya berbeda juga," ujar ibu rumah tangga yang mahir membuat aneka masakan ini.

Salah seorang peserta, Astri, mengaku senang bisa membuat sushi. Dia pun akan mempraktikkannya di rumah, terutama untuk sarapan anggota keluarga. "Saya kan tak bisa masak, tapi sepertinya sushi ini mudah bikinnya," ucap dia.

Astri pun terlihat semringah begitu sushi kreasinya dibungkus dan dibawa pulang. Dia tidak menyangka bisa membuat sushi hanya dalam satu kali pertemuan yang waktunya tak lebih dari satu jam.

Menurut Eppy, tidak hanya cara membuatnya yang mudah, tapi bahan-bahan untuk sushi juga mudah ditemukan di Indonesia. Sejumlah supermarket menyediakan bahan-bahan untuk sushi. Bahkan di rumahnya, Eppy juga menyediakan bahan-bahan untuk sushi, termasuk beras Jepang. Bahan-bahan itu biasanya dibeli para ibu peserta kelas memasak di bawah asuhannya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Serunya Belajar Bikin Sushi

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/02/serunya-belajar-bikin-sushi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Serunya Belajar Bikin Sushi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Serunya Belajar Bikin Sushi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger