Dewan Kamnas Bukan Penegak Hukum

Written By Unknown on Senin, 17 Desember 2012 | 12.14

Senin, 17 Desember 2012 11:17 WIB

BANDUNG, TRIBUN - Rancangan Undang-undang (RUU) Keamanan Nasional yang sempat mengundang kontroversi masih tetap akan dibahas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Namun, pembahasannya diundur hingga tahun 2013.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro telah menyerahkan draft terbaru rancangan Undang-undang Kamnas.

Pembahasan RUU Kamnas di Pansus sempat dikembalikan ke pemerintah karena banyak catatan kritis dari 12 pihak yang diundang Komisi I. Pihak yang mengkritisi diantaranya Imparsial, Kontras, Komnas HAM, dan Dewan Pers.

Salah satu subtansi yang dikritisi yakni pembentukan Dewan Keamanan Nasional untuk menjaga keamanan. Pembentukan dewan itu dikhawatirkan akan mempreteli kewenangan Polri.

Namun menurut pakar dibidang pertahanan dan keamanan yang juga Dosen HI Universitas Indonesia, Andi Widjajanto PhD, tidak perlu ada kekhawatiran DKN akan berlebihan karena DKN tidak punya Satgas sendiri dan DKN tidak mungkin menjalankan operasi Kamtibmas atau penegakan hukum.

"Hanya bisa memberikan saran untuk keamanan nasional," katanya pada acara Seminar "Menakar Kepentingan Nasional Melalui RUU Keamanan Nasional" yang digelar Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad bekerja sama dengan Indonesia Center for Democracy, Diplomacy, and Defense (IC3D)  Ruang Serba Guna Lt 4, Gedung 2 Unpad, Jalan Dipati Ukur, Senin (17/12). (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dewan Kamnas Bukan Penegak Hukum

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2012/12/dewan-kamnas-bukan-penegak-hukum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dewan Kamnas Bukan Penegak Hukum

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dewan Kamnas Bukan Penegak Hukum

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger