Dianggarkan Rp 117 Triliun Untuk Pengembangan Pelabuhan

Written By Unknown on Selasa, 13 November 2012 | 12.14

Selasa, 13 November 2012 11:04 WIB

BANDUNG, TRIBUN - Dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), pemerintah berencana mengembangan pelabuhan yakni terkait peningkatan infrastruktur pelabuhan Pendulum Nusantara.

Program yang diperkirakan menelan biaya Rp 117 triliun tersebut akan menghubungkan enam pelabuhan utama di Indonesia, yakni Bawean di Medan, Batam, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Sorong.

"Perlu investasi cukup besar untuk pembenahan moda transportasi laut. Seperti untuk pengembangan pelabuhan saja, diperlukan investasi tak kurang dari Rp 117 triliun hingga 2025 mendatang. Dengan ini semua diharapkan bisa menekan biaya logistik domestik," kata Wakil Menteri Perhubungan RI Bambang Susantono pada acara Ocean Summit The Second International Conference on Port, Coastal and Offshore Engineering di Kampus ITB Jalan Ganeca, Senin (12/11).

Menurutnya, perlu adanya peningkatan infrastruktur pelabuhan untuk meningkatkan pula penggunaan moda transportasi laut. Karena sampai saat ini moda transportasi darat masih menjadi andalan. Hanya 10 persen yang memanfaatkan moda transportasi laut.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pengkajian Logistik dan Rantai Pasok ITB Senator Nur Bahagia mengatakan, perlu menggalakan  moda transportasi untuk menggerakan perekonomian di seluruh wilayah Indonesia. Perlu diterapkan konsep dilihat dari jarak tempuh moda, seperti untuk jarak tempuh 600 kilometer menggunakan  truk, lebih dari itu sampai 1.000 kilometer menggunakan kereta api dan lebih dari 1.000 kilometer menggunakan transportasi laut.

"Namun konsep ini masih sulit diterapkan. Karena subsidi bahan bakar masih didominasi transportasi darat," katanya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dianggarkan Rp 117 Triliun Untuk Pengembangan Pelabuhan

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2012/11/dianggarkan-rp-117-triliun-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dianggarkan Rp 117 Triliun Untuk Pengembangan Pelabuhan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dianggarkan Rp 117 Triliun Untuk Pengembangan Pelabuhan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger