Mpok Nori Meninggal Dunia di Hari Jumat, Ini Keutamaannya . . .

Written By Unknown on Jumat, 03 April 2015 | 12.14

TRIBUNJABAR.CO.ID - Kabar duka kembali menyelimuti industri hiburan Indonesia. Setelah kepergian pembawa acara dan artis peran Olga Syahputra (32) pada 27 Maret 2015, kini seniman Betawi bernama asli Nuri Sarinuri atau biasa dikenal Mpok Nori (84) tutup usia di Rumah Sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (3/4/2015).

Awal kabar meninggalnya Mpok Nori tersebut tersebar melalui pesan berantai atau broadcast messenger yang diterima wartawan pada pagi ini. "Innalilahiwainna ilahirojiun. Telah meninggal dunia mak Mpok Nori pada pagi hari ini pukul 08.10 WIB. Beliau menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit Pasar Rebo Jakarta Timur," tulis pesan tersebut.

Mpok Nori wafat tepat pada hari Jumat, sebagaimana diketahui bahwa dalam Islam hari Jumat merupakan hari yang sangat spesial dan istimewa.

Hari Jum'at memiliki keutamaan sangat banyak yang tak dimiliki hari-hari lainnya. Salah satunya adalah siapa yang meninggal di dalamnya maka ia aman dari adzab kubur. Para ulama juga menjelaskan bahwa meninggal di dalamnya menjadi salah satu tanda husnul khatimah.

Diriwayatkan oleh al-Tirmidzi dalam Sunan-Nya, dari hadits Abdullah bin Amr Radhiyallahu 'Anhu, dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam :

"Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum'at atau malam Jum'at melainkan Allah melindunginya dari siksa kubur." (HR. Al-Tirmidzi, no. 1043)

Para ulama berselisih tentang status hadits ini. Imam al-Tirmidzi menyifatinya sebagai hadits gharib dan terputus sandanya. Al-Hafidz Ibnu Hajar menyifatinya sebagai hadits sanadnya dhaif. Sementara Syaikh al-Albani dalam Ahkam Janaiz-nya (hal. 49-50) menyatakan, "hadits tersebut hasan atau shahih dengan dikumpulkan semua jalurnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mpok Nori Meninggal Dunia di Hari Jumat, Ini Keutamaannya . . .

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2015/04/mpok-nori-meninggal-dunia-di-hari-jumat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mpok Nori Meninggal Dunia di Hari Jumat, Ini Keutamaannya . . .

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mpok Nori Meninggal Dunia di Hari Jumat, Ini Keutamaannya . . .

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger