Selain Mengambil Muntahan, Dinkes Cianjur Juga Ambil. . .

Written By Unknown on Minggu, 15 Februari 2015 | 12.14

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku M Guci Syaifudin

CIANJUR, TRIBUNJABAR.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur belum bisa memastikan penyebab dugaan keracunan yang dialami ratusan warga Kampung Cibeureum, Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang.

Namun Dinkes Kabupaten Cianjur telah mengambil sampel makanan untuk mengetahui kandungan bakteri dalam makananyang dibagikan kepada ratusan warga.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2MPL) Dinkes Kabupaten Cianjur, Agus Haris, mengatakan, sampel makanan telah dibawa ke laboratorium di Bandung untuk diperiksa. Adapun hasilnya baru akan diketahui seminggu kemudian.

"Selain makanan kami juga mengambil sampel muntahan dan tinja warga yang diduga keracunan makanan yang sempat dirawat di RSUD Cianjur," ujar Agus ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (15/2/2015).

Selain mengambil sampel makanan, lanjut Agus, tempat pembuatan makanan nasi kotak untuk hajatan juga akan diperiksa. Sebab tak menutup kemungkinan tempat memasak atau cara memasak nasi kotak berisi nasi kuning itu kurang bersih dan layak.

"Staf kami juga akan memeriksa tempat pembuatan. Makanya nanti rumah yang menggelar hajatan akan kami datangi," ujar Agus.

Ratusan warga RT 2/1 Kampung Cibeureum, Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, masuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur, Minggu (15/2/2015). Warga diduga mengalami keracunan makanan hajatan.

Informasi yang dihimpun Tribun, musibah keracunan makanan diduga dari nasi kotak yang berisi nasi kuning, daging ayam, telor dadar, mentimun, kerupuk, kacang kedelai, dan rujak. Adapun acara hajatan yang digelar warga RT 7/1 perumahan Duta Polis Regiden Blok, Desa Cibereum, Kecamatan Cugenang sekitar pukul 16.00.

Sekitar pukul 19.00, warga satu per satu mendatangi ruang Intalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Cianjur dengan gejala mual, pusing, dan muntah. Hingga pukul 03.00, jumlah warga yang diduga mengalami keracunan sekitar 104 orang. Empat di antaranya dirawat di Rumah Sakit Cimacan. (cis)

//

Anda sedang membaca artikel tentang

Selain Mengambil Muntahan, Dinkes Cianjur Juga Ambil. . .

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2015/02/selain-mengambil-muntahan-dinkes.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Selain Mengambil Muntahan, Dinkes Cianjur Juga Ambil. . .

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Selain Mengambil Muntahan, Dinkes Cianjur Juga Ambil. . .

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger