BREAKING NEWS: Penyuap Bupati Bogor Divonis 1 Tahun 6 Bulan

Written By Unknown on Rabu, 24 September 2014 | 12.14

BANDUNG, TRIBUN - FX Yohan Yap alias Yohan, terdakwa kasus penyuapan terhadap Bupati Bogor Rachmat Yasin divonis bersalah dengan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 100 juta subsider 1 bulan kurungan. Hal itu diputuskan majelis hakim yang dipimpin Nur Hakim SH MH pada persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (24/9).

"Mengadili, menyatakan terdakwa Yohan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut. Menghukum dengan pidana penjara 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 100 juta, jika tidak dibayar diganti dengan hukuman kurungan 1 bulan," kata Nur Hakim dalam amar putusannya, Rabu (24/9).

Vonis majelis hakim ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menuntutnya dengan hukuman 2 tahun penjara. Menurut majelis hakim, salah satu hal yang meringankan bagi terdakwa Yohan adalah dia berperan sebagai justice collaborator kasus ini.

Hal meringankan lainnya, terdakwa belum pernah dihukum, mengakui dan menyesali perbuatannya, serta bersikap sopan selama persidangan berlangsung. Sedangkan hal yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Atas putusan majelis hakim itu, terdakwa Yohan langsung menerima putusan tersebut. Sedangkan jaksa penuntut umum menyatakan pikir-pikir. "Saya menerima putusan ini Yang Mulia. Saya juga tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi," kata Yohan.

Majelis Hakim menjerat Yohan dengan
pasal 5 dan 13 Undang Undang Tindak Pidana Korupsi junto pasal 55 dan 64 KUHPidana. Yohan juga terbukti memberikan uang sebesar Rp 4,5 miliar kepada Bupati Bogor Rachmat Yasin yang diantaranya Rp 1,5 miliar diberikan melalui Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor, HM. Zairin.

Pemberian uang dilakukan agar Bupati Bogor Rachmat Yasin menerbitkan surat nomor 522/624/-Distanhut, tertanggal 29 April 2014 perihal rekomendasi tukar menukar kawasan hutan atas nama PT Bukit Jonggol Asri kepada Menteri Kehutanan RI. (san)


Anda sedang membaca artikel tentang

BREAKING NEWS: Penyuap Bupati Bogor Divonis 1 Tahun 6 Bulan

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2014/09/breaking-news-penyuap-bupati-bogor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BREAKING NEWS: Penyuap Bupati Bogor Divonis 1 Tahun 6 Bulan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BREAKING NEWS: Penyuap Bupati Bogor Divonis 1 Tahun 6 Bulan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger