Yummi! Manis Lezatnya Crème Brûlée

Written By Unknown on Selasa, 19 Agustus 2014 | 12.14

PRANCIS dikenal sebagai negara yang romantis sekaligus memiliki berbagai kuliner lezat yang mendunia. Hidangan Prancis umumnya disajikan dengan sangat artistik sehingga membuatnya tak hanya enak disantap, namun juga enak dipandang.

Tak sebatas hidangan berat, negeri asal Napoleon Bonaparte tersebut juga dikenal dengan kelezatan berbagai resep pastry atau dessert-nya. Beberapa pastry khas Prancis bahkan menjadi hidangan favorit untuk menutup rutinitas bersantap di seluruh dunia.

Satu hidangan penutup Prancis terpopuler adalah crème brûlée. Makanan bercita rasa manis ini merupakan hidangan sejenis custard, sejenis kue yang diibaratkan kue lumpur di Indonesia.

Secara harfiah crème brûlée berarti krim gosong. Hal tersebut terlihat dari tampilan crème brûlée yang ditutupi lapisan karamel diatasnya yang dibakar dengan blow torch.

"Crème brûlée merupakan hidangan populer, terbuat dari campuran gula, susu, telur dan biasanya ditambahkan buah-buahan serta vanila yang dimasak di dalam oven," kata Aston Adiwijaya, pastry chef sekaligus pemilik Farél Pâtissérie di kawasan Jalan Terusan Buah Batu.

Crème brûlée memiliki tekstur yang lembut di dalam dengan paduan karamel yang keras di atasnya. Pembuatannya terhitung simpel. Susu serta krim dipanaskan terlebih dahulu kemudian ditambahkan pada kuning telur serta gula. Setelah itu, adonan dioven hingga mencapai konsistensi tekstur yang diinginkan.

"Setelah matang, crème brûlée didinginkan kemudian ditaburi gula di atasnya. Lapisan gula itu kemudian dipanaskan hingga menjadi karamel dengan menggunakan blow torch," katanya.

Untuk menambah citarasa, beberapa bahan tambahan lazim dicampurkan dalam crème brûlée ini. Selain vanilla, parutan kulit jeruk juga biasa ditambahkan untuk menghilangkan bau amis dari telur. Tak jarang, liqueur menjadi pilihan untuk menghilangkan bau amis tersebut.

Kelezatan crème brûlée terasa dari paduan teksturnya yang lembut, rasanya yang manis serta sensasi segar dari buah-buahan yang biasa dijadikan campurannya. Karamel di atasnya turut memberi dimensi rasa lain ketika mencicipi hidangan ini.

Di Bandung, crème brûlée bisa ditemui di beberapa tempat. Seperti di Farél Pâtissérie yang memadukan crème brûlée dengan danish pastry. Kue fussion ini terasa lezat karena memadukan rasa legit dan manis dari dua komponen utama dari sajian seharga Rp 16.000 tersebut.

"Cara buatnya mudah. Crème brûlée dimasak dulu tapi sebelum ngebentuk, crème brûlée dimasukan ke kue danish yang sudah matang," kata Aston.

Tempat lain yang memiliki menu crème brûlée adalah Beehive Cafe di Jalan Dayang Sumbi. Di tempat ini pun, crème brûlée disajikan bersama hidangan lain sehingga terasa semakin lezat.

Dalam menu bernama crème brûlée con strawberry sorbet, tambahan sorbet dingin nan segar cukup menambah kekayaan rasa crème brûlée yang disajikan panas.

Agar semakin cantik, crème brûlée ditambahkan sejenis gula-gula karamelisasi di atasnya. Hidangan ini disajikan seharga Rp 32.000 per porsi. (isa)

Selengkapnya, bisa dibaca di koran Harian Pagi Tribun Jabar, Selasa (19/8/2014).


Anda sedang membaca artikel tentang

Yummi! Manis Lezatnya Crème Brûlée

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2014/08/yummi-manis-lezatnya-crame-bralae.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Yummi! Manis Lezatnya Crème Brûlée

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Yummi! Manis Lezatnya Crème Brûlée

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger