Longsor di Dua Titik Tutup Jalan Garut Selatan dan Tasikmalaya

Written By Unknown on Minggu, 27 Juli 2014 | 12.14

GARUT, TRIBUN - Hujan yang turun sejak pagi hari di kawasan Selatan Kabupaten Garut menyebabkan longsor terjadi di dua titik di Jalan Raya Banjarwangi-Singajaya. Akibatnya, jalan penghubung pusat perkotaan Garut dengan kawasan Selatan Garut dan Selatan Tasikmalaya terputus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dik Dik Hendrajaya, mengatakan longsor pertama terjadi di Kampung Ciawitali, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Sabtu (26/7/2014) pukul 13.30. Sampai petang hari, longsoran menutup separuh jalan yang juga menghubungkan kawasan tengah dengan selatan Garut.

"Material longsoran menutupi jalan sepanjang 20 meter, tinggi 2 meter,  dan lebar 2 meter. Upaya penanganan material longsoran sedang ditanggani oleh Dinas Binamarga Kabupaten Garut, beserta warga setempat secara manual," kata Dik Dik, Sabtu (26/7/2014).

Sekitar pukul 15.40, separuh jalan sudah dapat dipergunakan kembali secara bergilir. Namun, pengguna jalan harus hati-hati melewati jalan tersebut karena licin oleh longsoran dan lumpur. Dibutuhkan pembersihan lebih lanjut untuk membuat jalan kembali normal.

Longsor pun terjadi kembali beberapa waktu setelahnya di Kampung Ciaremas, Desa Ciudian, Kecamatan Singajaya. Longsor terjadi pukul 16.30 dan Jalan Raya Banjarwangi-Singajaya tertutup material longsoran dengan panjang 15 meter dan tinggi 2 meter.

Upaya penangganan telah dikoordinasikan dengan Dinas Binamarga Kabupaten Garut dan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut. Selanjutnya Muspika Singajaya bersama warga setempat melakukan gotong royong membersihkan material longsoran.

Akibat longsor ini, kendaraan tidak dapat melanjutkan perjalananya dan sementara terputus. Selanjutnya, alat berat dari Dinas Binamarga langsung menuju ke lokasi kejadian setelah menangani longsor sebelumnya di Banjarwangi.

"Kami imbau para pemudik berhati-hati karena cuaca yang cukup ekstrim. Beberapa titik di Kabupaten Garut rawan longsor dan dapat menutup jalan," katanya. (sam)


Anda sedang membaca artikel tentang

Longsor di Dua Titik Tutup Jalan Garut Selatan dan Tasikmalaya

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2014/07/longsor-di-dua-titik-tutup-jalan-garut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Longsor di Dua Titik Tutup Jalan Garut Selatan dan Tasikmalaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Longsor di Dua Titik Tutup Jalan Garut Selatan dan Tasikmalaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger