Jakarta-Surabaya Hanya 8 Jam Setelah Rel Ganda Rampung

Written By Unknown on Kamis, 27 Maret 2014 | 12.14

BLORA, TRIBUN - Pembangunan rel ganda kereta api sudah selesai. Kini bepergian dengan kereta api dari Jakarta-Surabaya hanya 8-10 jam dari yang tadinya 11-13 jam. Dari segi waktu memang tidak terlalu signifikan, tetapi dengan jalur ganda, jadwal kedatangan-keberangkatan kereta menjadi lebih banyak. Dengan demikian, jumlah penumpang atau barang yang bisa diangkut akan lebih banyak.

Rel ganda ini dibangun setelah hampir 150 tahun jalur kereta api dibangun di Pulau Jawa. Pembangunan ditandai dengan pencangkulan lahan rel oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda LAJ Baron Sloet van den Beele pada 1864. Tiga tahun setelah itu, kereta api pertama beroperasi di jalur Kemijen-Tanggung, Jawa Tengah, sepanjang 26 km.

"Saat ini peningkatan kapasitas baru 3-5 persen, tetapi dalam lima tahun akan meningkat 13-15 persen dan akan terus meningkat sejalan dengan ketersediaan armada," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Blora, Jawa Tengah, Rabu(26/3/2014) kemarin.

Pembangunan rel ganda itu dibagi dalam empat segmen, yakni Cirebon-Brebes 63 km, Pekalongan-Semarang 90 km, Semarang-Bojonegoro 180 km, dan Bojonegoro-Surabaya 103 km.

"Segmen Cirebon-Brebes dan Pekalongan-Bojonegoro sudah selesai serta sudah dioperasikan. Saat ini yang dioperasikan segmen Semarang-Bojonegoro. Bulan depan kami mengoperasikan segmen Bojonegoro-Surabaya," kata Bambang.

Segmen Bojonegoro-Surabaya sebenarnya sudah siap dioperasikan. Namun, di daerah Tandes, Surabaya, ada masalah pembebasan lahan untuk pengganti akses warga.

"Kami berharap bulan depan jalur ganda bisa dioperasikan sehingga Jakarta-Surabaya tersambung dengan rel ganda," kata Bambang.

Pembangunan rel sepanjang 727 kilometer dengan biaya Rp 10,5 triliun ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi lagi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jakarta-Surabaya Hanya 8 Jam Setelah Rel Ganda Rampung

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2014/03/jakarta-surabaya-hanya-8-jam-setelah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jakarta-Surabaya Hanya 8 Jam Setelah Rel Ganda Rampung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jakarta-Surabaya Hanya 8 Jam Setelah Rel Ganda Rampung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger