Umat Islam Cirebon Protes Mesjid Dijual

Written By Unknown on Jumat, 22 November 2013 | 12.14

CIREBON, TRIBUN - Kabar Mesjid Teja Suar di Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon telah dijual dan akan dialihfungsikan menjadi tempat bisnis mendapat reaksi dari umat Islam. Mereka keberatan jika mesjid dijual apalagi beralih fungsi.

Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Cirebon, Ahmad Dahlan mengatakan, sebenarnya Muhammadiyah keberatan jika mesjid tersebut akan dialihfungsikan. Menurutnya, sebaiknya tetap menjadi mesjid.

Apalagi mesjid tersebut sangat bersejarah bagi warga Muhammadiyah di Cirebon. Sebab, mereka kerap berkegiatan di mesjid tersebut. Selain itu, Mesjid Teja Suar diresmikan Buya Hamka pada 1976.

Sementara itu, Ketua PWNU Jabar, Eman Suryaman, mengaku baru tahu kalau Mesjid Teja Suar telah dijual. Padahal, kata dia, mesjid tersebut merupakan mesjid bersejarah dan sudah dibangun puluhan tahun lalu. "Bahkan peresmian mesjid tersebut dilakukan oleh ulama terkenal dan disegani, Buya Hamka," katanya, Kamis (21/11).
 
Eman mengaku hingga kini belum mengetahui secara pasti apakah masjid tersebut baru dalam proses akan dijual ataukah sudah terjual. Menurutnya, bertanya ke beberapa orang termasuk mantan pengurus Mesjid Teja Suar, jawabannya belum jelas. Semua mengaku tidak tahu persis.

Eman menyebutkan, harga jual Mesjid Teja Suar yang beredar di kalangan umat Islam yaitu berkisar Rp 11-Rp 15 miliar. Letak mesjid yang berada di kawasan strategis dan pusat bisnis membuat harga jual mesjid tersebut tinggi. Apalagi tanah mesjid juga luas.
 
Eman berkeinginan menyelamatkan mesjid tersebut agar tak berubah fungsi. Ia pun mengajak umat Islam bersama-sama membeli kembali mesjid tersebut jika memang sudah terjual. Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat diminta turun tangan ikut mengatasi permasalahan ini. "Jika memang harus dibeli sama umat kembali, ya kita beli bersama-sama," ujarnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Umat Islam Cirebon Protes Mesjid Dijual

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/11/umat-islam-cirebon-protes-mesjid-dijual.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Umat Islam Cirebon Protes Mesjid Dijual

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Umat Islam Cirebon Protes Mesjid Dijual

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger