Lima Orang Tewas Akibat Letusan Gunung Rokatenda

Written By Unknown on Minggu, 11 Agustus 2013 | 12.14

SIKKA, TRIBUN - Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur kembali meletus pada Sabtu (10/8) pukul 04.27 Wita.

Tinggi abu letusan fluktuatif antara 1500 hingga 2000 meter dari Puncak Gunung Rokatenda. Letusan dengan suara keras yang disertai dengan semburan kerikil dan abu vulkan serta gempa vulkanik.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, masyarakat sekitar panik dan dilaporkan letusannya lebih besar daripada letusan sebelumnya.

Hingga pukul 09.30 Wita masih terlihat awan panas guguran menuju arah utara. Arah luncuran awan panas tidak seperti biasanya yang mengarah ke arah selatan hingga ke pantai.

Awan panas mengalir dari Woje Wubi sampai pantai Cua. Terparah di Ko'a Desa Rokirole dan Nitunglea. Lima orang tewas akibat awan panas, dimana tiga orang sudah ditemukan dan dua orang masih dalam pencarian.

Bupati Sikka bersama BPBD telah berada di lokasi dan melakukan penanganan darurat. Status Gunung Rokatenda masih ditetapkan Siaga oleh PVMBG.

Gunung Rokatenda meletus sejak Oktober 2012, abu letusan tersebar dalam pulau bergantung arah angin. Gunung Rokatenda berada di Pulau Palue dengan diameter Pulau Palue sekitar 8 KM (radius 4 KM). Saat siaga Rokatenda masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 3 KM.

Di Pulau Palue saat ini bermukim sekitar 10 ribu jiwa. Kondisi pulau tersebut berbahaya karena selalu terancam dari letusan Gunung Rokatenda. Ketersediaan airtanah sangat minim dan lahan pertanian kurang subur karena lapisan tanahnya tipis.

Akibat letusan Gunung Rokatenda sejak Oktober 2012 sebanyak 782 KK (2.754 jiwa) mengungsi keluar dari Pulau Palue ke Kab. Ende (407 KK) dan Sikka (375 KK). BNPB telah memberikan bantuan dana siap pakai Rp 14,7 miliar kepada Pemda Ende dan Pemda Sikka untuk relokasi dan hunian tetap pengungsi. (tsm)


Anda sedang membaca artikel tentang

Lima Orang Tewas Akibat Letusan Gunung Rokatenda

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/08/lima-orang-tewas-akibat-letusan-gunung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lima Orang Tewas Akibat Letusan Gunung Rokatenda

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lima Orang Tewas Akibat Letusan Gunung Rokatenda

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger