Kolak Sehat untuk Buka Puasa

Written By Unknown on Sabtu, 13 Juli 2013 | 12.14

SALAH satu hidangan ikonik yang populer di bulan ramadan adalah kolak. Sajian manis ini biasanya dihidangkan untuk berbuka puasa. Berbahan dasar gula merah dan santan, kolak memiliki isian yang bervariasi sesuai selera. Yang paling populer adalah kolak pisang, kolak ubi ataupun kolak biji salak.

Memasuki bulan Ramadan tahun ini, beberapa tempat pun tak lupa menyajikan kolak sebagai menu wajibnya. Salah satunya di Aston Braga Hotel & Residence. Menyambut bulan Ramadan, hotel ini menawarkan es kolak untuk dijadikan hidangan berbuka puasa.

Es kolak ini sedikit berbeda jika dibandingkan kolak biasanya. Menu ini merupakan perpaduan dari kinca serta berbagai isian lainnya. Chef Jojo dari Aston Braga sengaja memilih kinca durian dalam hidangan yang satu ini.

"Sehingga ketika dimakan ada flavour duriannya, tapi gak begitu kuat. Takutnya ada yang gak suka durian juga," ucapnya.

Untuk isiannya, Chef Jojo memilih biji salak, pacar cina serta nangka. Santan pun digunakan sebagai topping dari es kolak ini sehingga membuat gradasi warna yang menggoda. Penampilan menu ini semakin cantik dengan ditambahkannya daun pandan sebagai garnish.

"Untuk rasanya, lebih ke Jawa ya. Artinya es kolak ini memang manis," ujar Chef Jojo.

Es kolak ala Aston Braga ditawarkan Rp 15.000 per porsinya. Hidangan ini sangat pas dinikmati saat berbuka puasa tiba karena dapat menghilangkan dahaga serta menggugah selera makan.  Nicho's Healthy Kitchen tak ketinggalan menawarkan menu kolak untuk menyambut bulan Ramadan. Di restoran berkonsep sehat yang terletak di Paskal Hyperaquare ini, olahan serba manis pun dibuat dengan berbagai bahan yang baik untuk kesehatan.

Menu Nicho's Soya Kolak misalnya. Sang pemilik, Yuliani Lisnawati tidak menggunakan gula dalam membuat kolak olahannya. Sebagai gantinya, kuah kolak memakai susu kedelai yang lebih sehat. "Jadi menu ini aman bagi penderita diabetes. Susu kedelai juga tidak akan membuat kolesterol total naik pesat," ucapnya.  

Untuk isiannya, terdiri pisang dan ubi ungu. Meski memakai susu kedelai, kuah kolaknya tidak kalah enak dengan kolak yang biasa menggunakan gula sebagai bahannya. Rasa manis alami bisa didapat dari ubi dan pisangnya, sementara kuahnya terasa legit. Menu ini cukup mengenyangkan sehingga bisa menjadi penawar rasa lapar dan haus setelah seharian berpuasa. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kolak Sehat untuk Buka Puasa

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/07/kolak-sehat-untuk-buka-puasa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kolak Sehat untuk Buka Puasa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kolak Sehat untuk Buka Puasa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger