Tinggalkan Pekerjaan Demi Die Cast

Written By Unknown on Sabtu, 23 Februari 2013 | 12.14

Sabtu, 23 Februari 2013 11:30 WIB

Oleh Andra N Oktaviani

SIAPA

bilang hobi mengoleksi barang hanya bisa menghabiskan uang? Di tangan Edit Lesmana (32), hobi bisa jadi awal mula membuka usaha yang kini beromzet hingga Rp 10 juta per bulan. Mengoleksi die cast alias miniatur mobil menjadi hobi yang dilakukan secara turun-temurun di keluarganya sejak ia kecil.

Ditemui di bengkel die cast miliknya di bilangan Jalan Babakan Ciamis, Kota Bandung, Jumat (22/2) sore, Edit menuturkan kisah awalnya mengoleksi berbagai jenis die cast hingga akhirnya menggantungkan hidup dari die cast itu. "Saya mengoleksi die cast dari kecil. Tidak ingat kapan tepatnya. Tapi yang jelas itu diturunkan dari kakak saya. Ketika itu koleksinya mobil-mobilan berjenis vintage," tuturnya.

Di tahun 1995, ketika sedang gila-gilanya modifikasi mobil, ia juga ingin ikut-ikutan. Kebetulan tidak punya mobil dan hanya punya mobil-mobilan, ia kemudian memodifikasi mobil-mobilan yang ia punya. Ketertarikannya untuk memodifikasi mobil itu membawanya untuk melanjutkan sekolah di sebuah STM otomotif.

Dari situ lah ia belajar cara mendempul dan mengecat yang baik dan benar. Semua teori yang ia dapatkan di sekolah lalu ia praktikkan pada mobil-mobilan miliknya. Berbagai variasi terkait bodi sudah mahir ia lakukan. Lulus dari STM, ia mengaku sempat vakum dalam mengoleksi dan memodifikasi mobil-mobilan.

"Saat itu saya bekerja di sebuah perusahaan. Bukan hanya berhenti mengoleksi, saya pun sempat menjual ratusan koleksi yang saya punya. Ketika itu memang sengaja dijual untuk modal nikah. Tapi itu tidak semuanya. Masih ada beberapa mobil yang tersisa," ujarnya.

Hal itu ternyata tidak berlangsung lama. Dalam kurun waktu kurang dari setahun, ia sudah bisa memenuhi kembali lemari koleksinya. "Kebetulan juga saat itu sedang bosan dengan kerjaan dan iseng- iseng masukin gambar ke facebook. Saat itu facebook memang sedang booming," cerita ayah satu putri itu.

Keisengannya itu ternyata berbuah manis. Seorang kolektor miniatur taksi yellow cab asal Bogor terpesona dengan karya-karya modifikasi Edit. Sang kolektor kemudian menghubungi Edit untuk memesan beberapa buah miniatur taksi. Saat itu ia belum mematok harga.

"Jadi, dihitung per bahan saja. Catnya dan yang lainnya. Waktu itu akhirnya pelanggan pertama itulah yang malah ngasih harga. Rp 100 ribu untuk tiga mobil," ucapnya.

Dari situ, Edit mulai kebanjiran pesanan. Beberapa temannya kemudian menyarankannya untuk mematok harga dan menamai workshop-nya. Sejak itu, Edit menggunakan nama Dies1106Customs untuk workshop-nya. Workshop-nya itu kemudian lebih dikenal dengan sebutan Hell Garage.

"Saya mematok harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta per mobilnya, tergantung ukuran dan tingkat kerumitan pengerjaan," ungkapnya.

Karya-karyanya ternyata mendapat perhatian yang cukup besar dari para kolektor die cast baik dari dalam maupun luar negeri. Seorang kolektor asal Amerika malah pernah menggunakan jasanya. Kolektor itu ternyata tahu sepak terjang Edit dari sebuah forum. Waktu itu, ucap Edit, mobilnya dibuat motif batik.

Pesanan yang kian banyak itu membuat Edit harus memilih tetap bekerja atau fokus dengan bisnis yang  memang menjadi passion-nya itu. Berbekal keyakinan kuat, Edit memutuskan untuk fokus menjalankan bisnisnya dan meninggalkan pekerjaannya.

Setelah fokus berbisnis, tidak hanya menerima pesanan, Edit juga ternyata membuat desain limited yang dijual dengan cara dilelang. "Untuk lelang biasanya terjual dengan harga di atas Rp 1 juta. Bahkan pernah ada yang sampai Rp 3,4 juta," tutur pria yang kerap disapa Mbah itu.

Setiap bulan, rata-rata pria yang saat ini punya ribuan koleksi die cast itu menerima pesanan 100 buah mobil-mobilan. Satu mobil, ucapnya, rata-rata selesai dalam waktu tiga hari. Proses yang cukup panjang memang dibutuhkan untuk memodifikasi die cast.

"Proses awalnya mobil-mobilan dibongkar kemudian dihapus catnya. Setelah itu diberi cat dasar kemudian cat inti lalu dipernis setelah semuanya beres. Untuk catnya, bisa digunakan cat mobil atau pylox," ujar pria yang menggemari mobil-mobilan berjenis muscles itu. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tinggalkan Pekerjaan Demi Die Cast

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2013/02/tinggalkan-pekerjaan-demi-die-cast.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tinggalkan Pekerjaan Demi Die Cast

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tinggalkan Pekerjaan Demi Die Cast

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger