'Jendela Indonesia' Edisi Situs Gunung Padang Bisa Diunduh

Written By Unknown on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 12.14

Sabtu, 27 Oktober 2012 11:42 WIB

Deni Denaswara
Situs Megalitik Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur

JAKARTA, TRIBUN - Jendela Indonesia edisi Jumat, 26 Oktober 2012, akan menyajikan laporan tentang Situs Gunung Padang. Anda sudah dapat mengunduhnya melalui Apps Store.

Gunung Padang berada di antara Kampung Gunung Padang dan Kampung Cipanggulaan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka. Kawasan ini berjarak 30 kilometer dari pusat kota Kabupaten Cianjur atau 75 km dari Kota Bandung.

Situs megalitik punden berundak Gunung Padang di Desa Karyamukti terhampar di areal seluas 4,5 hektar dan ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. Bahan pembentuknya adalah batu andesit hasil aktivitas vulkanik 12 juta hingga 3 juta tahun lalu.

Diperkirakan, ada ribuan orang yang terlibat dalam pembuatannya, mulai dari mencungkil batu dengan batu, membelah batu, mengangkut, hingga mengatur balok-balok batu. Semuanya dilakukan secara sukarela.

Sisi astronomi diterapkan dengan baik. Mereka membangun teras dengan pertimbangan rasi bintang dan bulan purnama. Hal ini berdasarkan perubahan bentuk ruang-ruang di setiap teras dan dikaitkan dengan orientasi tegak lurus ke Gunung Gede serta perjalanan bulan dan matahari.

Sayangnya, kondisi semua situs itu saat ini memprihatinkan karena tidak ditemukan batas zonasi wilayah atau dukungan sumber data akurat untuk memperoleh informasi kawasan itu. Batuan andesit dibiarkan berserakan, tidak terurus. Pengunjung bebas memindahkan susunan batu sehingga sudah jelas mengubah, bahkan merusak artefak bernilai sejarah.

Batu gendong dan mitos Gunung Padang adalah salah satu daya tarik bagi wisatawan. Diusulkan agar salah satu pengembangan paket wisata minat dari Bandung menuju Gunung Padang menggunakan kereta api atap terbuka. Hal ini diyakini bisa menghidupkan potensi wisata di sekitarnya yang belum tergarap.  (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

'Jendela Indonesia' Edisi Situs Gunung Padang Bisa Diunduh

Dengan url

http://jabarsajalah.blogspot.com/2012/10/jendela-indonesia-edisi-situs-gunung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

'Jendela Indonesia' Edisi Situs Gunung Padang Bisa Diunduh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

'Jendela Indonesia' Edisi Situs Gunung Padang Bisa Diunduh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger